FORUM PEDULI TANO NIHA FORUM PEDULI TANO NIHA FORUM PEDULI TANO NIHA FORUM PEDULI TANO NIHA

SHARE

SUDUT DONASI PEDULI KEPULAUAN NIAS


Program FORUM PEDULI TANO NIHA (FORNIHA) tak akan pernah berhenti, dimana terus dan semakin terus-menerus memperjuangkan tingkat pembangunan kapasitas, pendampingan, pengembangan jaringan dan pengarusutamaan gender di Kepulauan Nias terinta ini. Dengan demikian penggalangan bantuan untuk berbagai aktifitas kegiatan dalam keberpihakan kepada kaum lemah sangat membantu sekali,sesuai dengan harapan kita semua. Bantuan anda sangat berharga bagi mereka.


Untuk itu, kepada pembaca sekalai yang tergerak hatinya untuk menyalurkan bantuan, kami persilakan untuk mengirimkan melalui rekening di :


BANK RAKYAT INDONESIA Cab. Gunungsitoli


Nomor Rekening : 0176-01-017468-50-7


atas nama FORNIHA


Data bantuan Anda akan langsung kami laporkan di dinding depan situs ini. Bapak/Ibu bisa menghubungi kami di SMS ke +62 813 6142 6034 atau +62 813 7502 5144 dan juga via e-mail: forniha@yahoo.co.id ; forniha@forniha.com (forniha)

DIALOG PUBLIK MENJELANG PEMILUKADA DI KEPULAUAN NIAS

Senin, 29 November 2010

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Nias telah sukses melaksanakan dialog publik dalam rangka menggali dan menemukan pemikiran-pemikiran publik mengenai pentingnya mengedepankan unsur partisipatif masyarakat, menjunjung tinggi nilai demokratisasi, Kondisi yang aman dan damai dalam rangka menyambut pelaksanaan Pemilu Kada di Kabupaten Nias dan Daerah Otonom Baru lainnya yang akan dilaksanakan pada bulan Februari 2011. Sebagai pembicara dalam dialog publik tersebut diantaranya adalah dari KPU Provinsi yang diwakili oleh Ir.Turunan B.Gulo M.SP, dari unsur Pemda Nias, dihadiri langsung oleh Binahati B.Baeha (Bupati Nias), Unsur dari Polres Nias, dihadiri langsung oleh KAPOLRES Nias yakni AKBP, Wawan Munawar, S.IK, M.Si ; Dari unsur LSM, tampil sebagai pembicara adalah Pdt.Sarofati Gea, S.Th (Mantan Direktur Eksekutif Forum ORNOP lokal-FORNIHA) dan unsur pembicara mewakili tokoh agama yakni diwakili oleh P.DR.Marinus Telaumbanua, OFM.Cap.
Peserta pada kegiatan dialog publik, dihadiri oleh berbagai unsur PEMDA dari berbagai Kabupaten atau daerah otonom baru, anggota legislatif, unsur LSM, Kejaksaan, Pengadilan, Kodim 0213/Nias, Panwaslu Kabupaten, Pimpinan Parpol, Unsur Perguruan Tinggi, KNPI dan Sekretaris KPU daerah otonom baru.
Proses pelaksanaan dialog publik berjalan dengan baik dan semuanya peserta antusias mengikuti jalannya kegiatan. Sharing pemikiran terjadi sangat alot, pada saat mengelaborasi mengenai definisi dan logika praktek politik. Ada peserta yang berpendapat bahwa politik adalah jalan menuju kekuasaan, oleh karenanya cara apapun boleh dilalui. Peserta lainnya berpendapat bahwa, Politik pada dasarnya adalah bagus karena tujuannya adalah untuk kepentingan umum hanya saja harus diupayakan agar cara berpolitik tersebut, tidak melukai orang atau hati orang lain.

Kehadiran Kapolres, AKBP.Wawan Munawar, S.IK,M.Si dan Ir.Turunan Gulo M.SP membuat proses dialog menjadi lebih menjejukkan hati oleh karena kedua orang tersebut, lebih banyak mendengar , menampung dan memediasi berbagai aspirasi yang disampaikan oleh peserta baik itu persoalan sanksi hukum maupun mengenai mekanisme ataupun peraturan Pemilihan Umum Kepala Daerah.

Menurut Ketua Pokja Kegiatan Dialog Publik, yang juga notabene adalah  anggota KPU Kabupaten Nias, Abineri S.Th. Kegiatan-kegiatan seperti ini sangat penting dilaksanakan dalam membangun kesadaran serta kaidah-kaidah yang patut dihargai bersama dalam menyambut PEMILU KADA 2011. Kegiatan-kegiatan serupa ini, dapat juga di gagas pelaksanaanya di tingkatan masyarakat umum seperti oleh LSM-LSM lokal di Nias, agar momentum PEMILU KADA yang akan dilaksanakan pada tanggal 2 Februari 2011 (bila tidak ada perubahan) dan barangkali dilaksanakan serentak di 3 Kabupaten dan 1 Kota Madya, menjadi momentum pesta demokrasi yang sejati dalam artian masyarakat dengan partisipasi penuh dapat memilih pemimpin daerahnya sesuai dengan aspirasinya.(onh)

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam.

 
 
 

Tulisan

Recent Posts

LIve Feedjit Forniha

My Location

Artikel Terbaru Blog

My Great Web page

Followers

Diberdayakan oleh Blogger.

Galeri photo

Total Tayangan Halaman